Tempatnya Download Software Gratis,Berbagi Ilmu IT,Android,Tips dan Trik Gratis

Kamis, 28 Januari 2021

Menghubungkan Hotspot HP Ke Mikrotik RB

Cara Menghubungkan Hotspot HP Ke Mikrotik RB - Hallo sobat Assyifacomp, Selamat datang kembali di blog saya. Pada artikel kali ini saya akan memberikan tutorial atau cara menghubungkan hostpot HP ke router mikrotik. oke langsung saja simak artikelnya dibawah ini.


menghubungkan mikrotik dengan hotspot HP


A. Alat Dan Bahan

1. Router Mikrotik
2. Hotspot HP
3. Laptop/PC + Winbox
4. Kabel Straight

B. Langkah-Langkah :

NOTE : Disini saya menggunakan Hotspot HP dengan SSID : ASSYIFACOMP dan Passsword : 12345678. Untuk Mikrotik saya menggunakan Ether 1 untuk menghubungkan ke Laptop saya.

1. Seperti biasa remote atau buka dulu router mikrotiknya dengan winbox, disini saya login dengan Mac Address lalu klik Connect saja.


2. Setelah berhasil login aktifkan dahulu interfaces Wirelessnya (wlan) dengan cara pilih menu Wireless lalu pada WiFi Interfaces klik interfaces wlan 1 lalu klik tanda Centang untuk mengaktifkannya.

3. Selanjutnya jika Hotspot sobat memakai password seperti hotspot saya diatas, buat dahulu Script passwordnya dengan cara pilih menu Security Profiles dan klik tanda Plus (+). Kemudian pilih menu General dan beri Name : Passwordku (nama bebas terserah sobat) Mode : dynamic keys dan Authentication Types Centang WPA PSK dan WPA2PSK (sesuaikan dengan keamanan Hotspot sobat jika bingung centang aja keduanya). lalu pada WPA/WPA2 Pre-Shared Key : 12345678 (isikan sesuai dengan password hotspot sobat).


4. Kemudian masuk lagi ke menu WiFi Interfaces >> double click pada interfaces wlan 1. Lalu masuk ke menu Wireless dan ubah Mode : Station dan klik Scan. Selanjutnya pilih Interfaces : wlan1 dan klik Start lalu klik/pilih hotspot sesuai dengan SSID sobat tadi, jika sudah klik Connect.


5. Selanjutnya masuk lagi ke menu Wireless dan pastikan pada SSID sudah sesuai dengan nama hotspot sobat masing-masing, lalu pada Security Profile pilih script password yang dibuat tadi jika tidak memakai password biarkan saja default jika sudah klik Apply dan OK.


6. Jika berhasil maka akan muncul huruf R disamping interface wlan1 seperti pada gambar.


7. Kemudian agar interface wlan1 mendapatkan IP DHCP pilih saja menu IP >> DHCP Client lalu klik Plus (+).

8. Selanjutnya pada Interface pilih wlan1 dan klik Apply lalu OK. dan tunggu sebentar, jika berhasil maka status akan berubah menjadi bound seperti gambar dibawah.


9. Kemudian coba test ping dengan cara masuk ke New Terminal dan ketikkan ping google.com jika berhasil maka akan seperti dibawah ini. Maka Mikrotik sobat sudah bisa Connect/Terhubung dengan Hotspot sobat.



10. Selanjutnya untuk mengujinya dengan Client agar Client bisa terhubung dengan mikrotik yang terhubung dengan Hotspot, tambahkan dulu IP Addressnya dengan masuk ke IP >> Address dan klik Plus (+).


11. Lalu Address : 192.168.50.1/24 (tambahkan IP bebas sesuai selera sobat) dan Interface : ether 1 (sesuai dengan Ether yang sobat pakai untuk menghubungkan ke laptop). Jika sudah klik Apply dan OK.

12. Selanjutnya setting NAT terlebih dahulu dengan cara pilih IP >> Firewall dan pilih menu NAT lalu klik tanda Plus (+).


13. Lalu di menu General pilih Chain : Srcnat.


14. Kemudian pilih menu Action dan ubah Action : Masquerade. Jika sudah klik Apply dan OK.


15. Kemudian setting terlebih dahulu DNS nya dengan cara pilih IP >> DNS dan Centang pada Allow Remote Request. jika sudah klik Apply dan OK.

16. Jika sudah setting IP Client/Laptop sobat sesuai dengan IP yang sudah sobat setting tadi dengan cara masuk ke IP V4 (TCP/IPv4) dan isi IP address : 192.168.50.249 Subnet mask : 255.255.255.0 Default gateway : 192.168.50.1 untuk DNS Server : 192.168.50.1. sobat juga bisa mensettingnya DHCP dengan membuat DHCP Server pada Mikrotik. Jika sudah klik OK >> OK.

17. Terakhir coba tes Ping ke google dengan cara masuk ke Cmd dan ketikkan ping google.com jika berhasil maka hasilnya akan seperti dibawah ini. maka client juga sudah bisa terhubung dengan mikrotik sobat.


Selesai -,


Kesimpulan

Cukup mudah bukan ?? Asalkan sobat mengikuti langkah-langkah diatas dengan benar pasti juga akan berhasil. Tetapi tidak semua mikrotik bisa dihubungkan dengan Hotspot/Wifi melainkan hanya mikrotik yang sudah support atau mendukung interfaces Wireless saja. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar